Skip to main content

yang terjadi antara bonek dan suporter blitar

 
 kalian yakin dengan bentroknya bonek dengan suporter blitar yang memicu adalah bonek atau suporter blitar pada 3 juli 2011???????baca artikel berikut.
                Laga Persebaya 1927 melawan Blitar Selection di Stadion Supriyadi, Kota Blitar, Minggu (3/7/2011), berjudul Pertandingan Persahabatan. Namun, yang terjadi justru tawuran antara suporter kedua kesebelasan.

Akibat tawuran yang mendorong penghentian pertadingan itu puluhan suporter dan polisi luka hingga memerlukan perawatan dokter.

Andik, salah seorang penonton, mengungkapkan, suhu yang melingkupi para suporter di tribun memang sudah mulai terlihat memanas sepuluh menit sebelum pertandingan dimulai. Sudah terjadi perang batu di antara kedua suporter.

“Awalnya dari kedua suporter ini sudah terlihat ‘panas’. Bahkan, sepuluh menit sebelum pertandingan mereka sudah saling lempar batu,” katanya.

Beruntung, kata dia, aksi lempar batu itu bisa terhenti. Tetapi, sayangnya, aksi itu kembali terjadi saat pertandingan memasuki sepuluh menit. Terjadi kembali saling lempar batu di tribun sebelah utara antarsesama penonton. Bahkan, para suporter dari tuan rumah, berlari mengejar para suporter bonek.

Tapi, aksi saling lempar batu kembali pecah di tribun sisi utara saat pertandingan memasuki menit ke-10. Pertandingan bisa dilanjutkan hingga babak pertama bubaran.

Babak kedua bakal dilanjutknan, kerusuhan dan saling lempar batu antarsuporter kembali terjadi. Bahkan, para suporter tuan rumah, terlihat berlari mengejar para Bonek. Kerusuhan dan bentrok suporter tidak terkendali dan polisi terlihat kewalahan. Pertandingan akhirnya dihentikan.

“Kami dilempari dulu, sehingga melakukan perlawanan,” kata seorang Bonek di Stadion Supriyadi.

Beberapa suporter mengaku tidak terima hingga terpaksa melakukan aksi lempar batu itu. Mereka menuding ada suporter dari kesebelasan lain yang menyusup dan memprovokasi kericuhan

Polisi yang ada di lokasi langsung berupaya menghentikan aksi perang batu di antara kedua suporter itu.

Terdengar juga teriakan petugas kepolisian agar menghentikan aksi lempar batu di dalam stadion. Karena kata-kata persuasif tak cukup untuk menghentikan perang batu, polisi pun mencabut pistol dan meletupkan beberapa tembakan peringatan.

Hingga pukul 16.30 WIB, kericuhan makin memanas. Suporter Persebaya 1927 terlihat berusaha menjebol pintu pembatas stadion. Mereka terlihat berjubel melempar suporter lawannya.

“Hentikan, hentikan…Suporter Persebaya mundur, suporter Blitar juga mundur. Pertandingan tidak akan dilanjutkan lagi,” teriak Panitia Pelaksana (Panpel) di mikrofon.

Terlihat beberapa mobil petugas kepolisian dan 2 pleton SSK berdatangan dan membantu melokalisasi suporter Persebaya 1927 di tribun utara. Selain suporter, kendaraan yang mereka bawa juga diamankan dan dimasukkan ke dalam tribun utara.

Suasana tegang terus menyelimuti Stadion Supriyadi. Para korban lemparan batu pun berjatuhan, baik dari kedua kubu suporter, polisi maupun panitia pelaksana. Di sela hujan batu, terlihat Ketua Panitia Pelaksana pertandingan Hariyono dilindungi dua temannya menjauh dari lokasi tawuran. Tangan kanan Hariyono memegangi dahinya yang terus mengucurkan darah akibat terkena lemparan batu suporter. Menurut Humas Panpel Murjoko, korban yang mengalami luka sudah dirawat di mobil puskesmas keliling, termasuk Hariyono.

Selain berupaya mengendalikan para suporter yang mengganas, polisi pun berupaya mengevakuasi para pemain Persebaya dan Blitar Selection dari lapangan tempat keduanya bertanding. Mereka memasuki bus yang disediakan panitia. Sayangnya, saat akan meninggalkan lokasi stadion, bus yang mereka tumpangi juga menjadi sasaran kemarahan para suporter, hingga kaca samping bus retak. Hingga kini, belum diketahui apakah ada pemain yang terluka karena lemparan batu itu atau tidak.

Sementara itu, polisi terus berupaya menghentikan aksi perang batu di antara keduanya. Polisi juga terus mengawal dengan ketat, untuk proses pemulangan mereka. Para suporter dari Persebaya 1927 dikawal ke lokasi terminal, sementara untuk suporter dari Blitar Selection diupayakan segera keluar menggunakan kendaraan pribadi yang mereka bawa sendiri.

“Kami sudah menempatkan lebih dari 150 petugas untuk mengawal kepulangan mereka. Kami akan naikkan kendaraan menuju Kediri, untuk kepulangannya,” kata Kepala Bagian Operasional Polresta Blitar Kompol Slamet Riyadi.

Ia mengatakan, saat ini polisi sudah mempersiapkan angkutan untuk mengangkut ratusan Bonek itu menuju Kediri. Kendaraan yang dipersiapkan, di antaranya truk umum hingga kendaraan polisi.

Pihaknya juga memastikan, saat ini Stadion Supriyadi yang digunakan pertandingan kedua kesebelasan sudah steril dari para Bonek maupun suporter dari Blitar Selection.

“Kami pastikan, lokasi stadion sudah steril dari para Bonek. Kami juga sudah turunkan personel untuk mengamankan lokasi stadion. Saat ini, kendali ada di bawah Kapolresta langsung,” ucapnya.

Pihaknya memang tidak mengarahkan para suporter untuk naik kereta api. Hal itu sesuai dengan aturan dari pihak kereta api, yang tidak memperbolehkan para suporter untuk naik.

Menyinggung dengan kerusakan, Kompol Slamet mengatakan, tidak ada kerusakan yang serius. Hanya ada truk polisi dan bus milik Pemerintah Kota Blitar, yang digunakan untuk mengangkut para pemain, rusak sedikit. Sedangkan di stadion sendiri, tidak ada kerusakan yang signifikan.

Sementara itu, Kepala Stasiun Kereta Api Kota Blitar Mawan Novianto membenarkan bahwa pihaknya melarang penumpang menggunakan atribut suporter untuk naik kereta.

“Itu aturan dari pusat, jadinya kami juga tidak memperbolehkan mereka naik. Kami persilakan, jika mereka tidak menggunakan atribut untuk ingin naik kereta, karena kami anggap penumpang biasa. Tetapi, jika ketahuan menggunakan atribut suporter, kami tidak izinkan,” ucapnya.

Pihaknya juga sudah menempatkan bagian pengamanan dari stasiun untuk mengamankan lokasi. Ia berharap, peristiwa lempar batu antarsuporter yang terjadi, saat pertandingan antara Persebaya 1927 melawan Blitar Selection itu, tidak berlanjut di jalur kereta api.

Terkait kericuhan itu, salah seorang koordinator suporter Persebaya 1927, Sinyo Devara, meminta maaf atas tindakan beberapa rekan mereka yang terlibat bentrokan dengan suporter Blitar. Ia menuding ada keterlibatan provokator dalam tawuran itu.

“Kami berangkat bersama-sama kemarin malam. Kita niat tulus untuk silaturahmi dengan Singo Lodro. Sebelum pertadingan kita juga disambut baik oleh suporter PSBI,” ucap Sinyo kepada beritajatim.com.

Menurutnya, selama ini hubungan Bonek dengan suporter Blitar sangat baik. Di awal pertandingan, kedua kubu juga saling balas pujian. Namun, entah kenapa suporter Blitar yang menempati tribun pojok timur menyanyikan lagu yang menyinggung Bonek. Diduga kuat hal inilah yang memicu terjadinya tawuran.

Atas insiden itu, Sinyo secara terbuka meminta maaf terhadap pihak-pihak yang merasa dirugikan. Namun, Sinyo menegaskan, ada provokator yang bermain di insiden itu. “Kami atas nama Bonek meminta maaf kepada semua pihak yang merasa dirugikan. Kami datang dengan damai dan ingin silaturahmi,” tegas pria yang mengaku fans berat AC Milan itu.

Pelatih Persebaya 1927 Aji Santoso menyayangkan pertandingan tidak bisa berjalan secara normal. “Niat kami ingin menghibur, tapi tidak berhasil. Pemain kedua tim di dalam lapangan tidak ada masalah,” terang Aji.

Komisaris Utama PT Persebaya Indonesia Saleh Ismail Mukadar meminta, Bonek tidak gampang terpancing provokasi. “Mohon kepada Bonek agar menahan diri, jangan terprovokasi dan jangan main hakim sendiri. Semuanya serahkan ke polisi untuk menyelesaikan secara hukum,” pinta Saleh. [SURYA POST]
                Setelah itu baca yang ini
Yayasan Suporter Blitar (YSB) mengakui, pelaku penyerangan terhadap bus Persik Kediri yang mengangkut para pemain dan ofisial Persitara Jakarta Utara di wilayah Kabupaten Blitar adalah pendukung PSBI Blitar.
Ketua Harian YSB Ipung melalui ponselnya mengatakan, pelaku penyerangan adalah oknum PSBI Mania dari salah satu korwil. "Saya sudah memanggil pimpinan korwil, tapi karena jumlah anggota ini banyak sekali, kita tidak bisa mengetahui siapa pelaku-pelakunya. Yang jelas, mereka adalah oknum," ujar Ipung, Selasa (20/4/2010)
Penyerangan tersebut, ungkap Ipung, ditengarai karena atribut dan logo Persik Kediri yang terpampang pada bus. Sementara motivasinya adalah balas dendam para suporter yang kesal, setelah sebelumnya sempat terlibat bentrok dengan persikmania, suporter Persik Kediri, dalam pertandingan Persik versus PSBI di Kediri.
"Sebelumnya kami sudah berkomunikasi dengan kubu Persitara agar menggunakan bus pariwisata ketika tandang ke Blitar. Tapi kenyataannya tetap ngotot untuk memakai bus dari Persik Kediri. Itu yang mungkin menimbulkan kekesalan sejumlah oknum pendukung PSBI," terang Ipung
Ipung juga kesal dengan insiden yang terjadi saat PSBI Blitar dijamu Persik Kediri laga sebelumnya. "Dari awal sudah banyak perjanjian yang diingkari. Mulai penempatan parkir kami, kemudian tempat duduk yang seharusnya hanya di tribun utama sebelah utara, dan yang terakhir adanya pelemparan batu dari luar stadion," kesal Ipung
Kendati demikian, pihaknya terus berupaya menjalin perdamaian dengan para simpul supoter kediri. Ia berharap kejadian ini tidak akan terulang kembali.
Seperti diberikan sebelumnya, penyerangan yang dilakukan oleh ratusan orang dengan mengenakan atribut PSBI Mania terhadap bus Persik yang ditumpangi pemain dan ofisial Persitara Jakarta Utara menyebabkan dua pemain luka. Mereka, kiper Hisanori Takada dan Fahmi Takada. Keduanya mengelami luka bocor di kepala setelah terkena pecahan kaca akibat lemparan batu.
Sumber: beritajatim.com
Selanjutnya baca artikel ini.
Persepakbolaan Nasional nampaknya terus dihantui dengan adanya kebrutalan suporter. Seperti yang menimpa bus rombongan offisial dan pemain Persitara Jakarta Utara.
Lemparan batu oknum suporter pendukung PSBI Blitar saat perjalanan pulang setelah melawan tuan rumah Laskar Singo Lodro dalam lanjutan Piala Indonesia Grub D, senin (19/4/2010) malam,menyebabkan kaca bus bagian samping dan belakang ringsek, serta dua pemain luka-luka. Mereka, Fahmi Arsada dan kiper asal Jepang Hisanori Takada terluka dibagian kepala
Saat kejadian, sejumlah pemain persitara, tiarap dibawah kursi karena puluhan suporter PSBI yang mengendarai sepeda motor, mengepung dari samping bus dan depan bus. Suasana yang mencekam itu, membuat ofisial persitara mengehentikan bus di Polsek Srengat Blitar. Sementara bus yang mereka tumpangi itu sebenarnya adalah bus milik Persik Kediri yang dipinjam.
Pelatih Persitara Suimin Diharji mengaku sejumlah pemainnya mengalami trauma yang sangat mendalam, terutama pemain asingnya. Bahkan Hisanori Takada tidak ikut latihan hanya melakukan pemanasan dipinggir lapangan.
“Kami sangat menyayangkan tindakan anarkis suporter yang membuat citra sepakbola indonesia semakin terpuru. Mereka melempari kami dengan batu. Para pemain dan official tiarap. Suasana berubah menjadi mencekam,” ujar Suimin.
Sementara itu Ketua Harian YSB Ipung dikonfirmasi melalui ponselnya mengatakan, pelaku penyerangan adalah oknum PSBI Mania dari salah satu koordinator wilayah (korwil).
“Saya sudah memanggil pimpinan korwil, tapi karena jumlah anggota ini banyak sekali, kita tidak bisa mengetahui siapa pelaku-pelakunya. Yang jelas, mereka adalah oknum,” kata Ipung.
Ipung membenarkan jika motif dari penyerangan itu karena balas dendam supoter PSBI yang sebelumnya terlibat bentrokan dengan Persikmania.( http://www.goal.com)

                Kita dapat mendapatkan opini dari beberapa artikel berita diatas. Siapa mereka apa motivnya???? Dapat dikatakan adalah sikap over yang ingin seperti suporter besar dengan melakukan hal-hal yang salah. Agar mereka ditakuti semua suporter???

Comments

Popular posts from this blog

Obat Herbal penyakit asam lambung paling ampuh dan aman

Halo sobat Happy Today, Kali ini mimin akan memberikan tips-tips untuk mengobati asam lambung. Masih seputar tentang obat herbal yang sangat mudah kalian cari di halaman-halaman rumah kalian, yang dapat mengobati penyakit yang membuat rasa tidak nyaman.  Jadi ada tetangga mimin yang udah berumur, yang selalu ngeluh asam lambungnya kambuh dan beberapa bulan tidak sembuh-sembuh, bisa dibilang sudah kronis.  Bahkan adik mimin yang masih SMA juga punya riwayat penyakit asam lambung yan g kronisnya dengan tetangga tersebut. Akhirnya Ibu membuat sebuah ramuan yang terbuat dari bahan-bahan herbal yang ada di sekitar rumah. Rasanya gak enak pahit dan getir, namun siapa sangka ternyata obat tersebut sangat manjur. Usut punya usut ternyata ramuan tersebut adalah Jus Lidah Buaya. Setelah minum rutin seminggu sekali, adik mimin sudah tak pernah lagi kambuh asam lambungnya hingga artikel ini ditulis. Dan akhirnya tetangga mimin juga dibuatkan jus lidah buaya juga oleh ibu, dan bersyukur ternyata ju

3 trik termudah mengetahui masih tidaknya keprawanan seorang wanita versi soenews-area

nah sob kali ini aku posting tentang 3 trik termudah gimana caranya mengetahui seorang wanita masih virgin ato gag versi soenews-area yang diambil dari berbagai sumber. lngsung aja sob hehehe trik pertama : Cara Mengetahui Seorang Cewek Itu Apakah Masih Perawan    artikel terkait: * cara ampuh mengetahui perjaka tidaknya seorang laki-laki * sangat berbahayanya telat makan Jaman sekarang, keperawanan seolah gak ada harganya lagi. Banyak cewek-cewek disekitar kita dg status janda bukan perawan juga bukan. Kenapa gitu? Banyak yg sudah melakukan hubungan sex pra nikah. Dan yg lebih memprihatinkan adalah mereka masih berstatus pelajar, baik yg duduk dibangku kuliah maupun yg di SMU, bahkan gak sedikit yg SMP. Sungguh ini perlu hal yg perlu dikaji lebih dalam. Apa jadinya negeri ini kalau generasi mudanya seperti ini, bukannya maju tapi malah akan hancur. Para cewek memberikan keperawanannya dg cuma-cuma, benar-benar gak dihargai. Kalau menurut saya, cewek seper

mengatasi obesitas dan kanker

Pada tahun 2001, para ahli menyimpulkan bahwa kanker kolon, payudara (paska menopause), endometrium, ginjal, dan esofagus, berhubungan dengan obesitas. Obesitas dan aktivitas fisik yang rendah menyebabkan kurang lebih 25 sampai 30% kanker utama seperti kanker kolon, payudara (paska menopause), endometrium, ginjal dan kanker esofagus.